Jumat, 16 Mei 2014

Alat Untuk Memperbaiki Kulkas yang ke 3(Kompor (Brader))

KOMPOR (BRANDER)
          Kompor atau brander berguna untuk mengelas dan melepas sambungan pipa. Selain mengelas atau melepas sambungan, brander jugabisa digunakan untuk menutuppipa setelah pengisian bahan pendingin. Brander terdapat dua jenis, yaitu berbahan bakar gas elpiji dan oksigen. Bahan untuk mengelasnya bisa menggunakan timah, perak, atau kuningan. Untuk memperoleh panas yang maksimal, lebih baik menggunakan kompor yang berbahan bakar elpiji.
image
D. SOLDER ELEKTRIK
Solder elektronik diperlukan untuk mememperbaiki mesin pendingin. Alat ini berfungsi untuk menyolder pipa yang bocor atau dalam pekerjaan penyambungan. Solder elektrik yang dipakai di sini tidak sama dengan yang digunakan para memperbaiki radio. Solder yang diperlukan berkekuatan diatas 250 volt agar bisa melelehkan timah keras.
Apabila kebocoran kecil terjadi pada pipa-pipa yang dialiri tekanan gas dingin hendaknya dilakukan penyolderan untuk menghemat biaya. Jika yang bocor pada pipa-pipa yang dialiri udara panas, hendaknya diganti saja. Perhatikan solder elektrik berikut ini!image
Dalam pengerjaan penyolderan, permukaan pipa yang disolderharus dibersihkan dari kotoran yang menempel, agar timah dapat menempel. Sebelum disolder harus dibersihkan kemudian diberi pasta.
E. PERALATAN TESPEN
Tespen adalah alat suatu untuk mengetahui adanya aliran tegangan AC dan sekaligus dipakai untuk obeng. Bentuknya menyerupai obeng, tetapi pada bagian dalam tangkainya dilengkapi semacam lampu yang dapat dipakai untuk mengetes adanya aliran listrik. Jika ada arus ;istrik, maka lampu menyala. Pada ujung batangnya ada baut yang berhubungan dengan kutub lampu. Sementara kutub lainnya berhubungan dengan tangkai (pencolok) obeng tersebut. Pada saat mengetes arus, batang obeng dipegang dengan jari :elunjuk menyentuh pada bagian baut yang ada di atas batang tersebut. Selanjutnya, tempelkan ujung obeng pada tempat yang diduga ada aliran listriknya. Jika memang terdapat aliran, obeng akan menyala.
image
menyala.
F. SEPERANGKAT OBENG LENGKAP (SATU SET)
Gambar 4. Bermacam-macam Obeng
Obeng harus dipersiapkan sebelum melakukan pekerjaan memperbaiki dan memeriksa mesin pendingin. Obeng berfungsi untuk membuka baut-baut {screw-screw) yang menjadi pengikat bagian satu dengan yang lainnya. Obeng yang disiapkan hendaknya bermacam-macam ukuran, karena baut yang terpasang di mesin pendingin pun beraneka ragam. Ada yang besar dan ada yang kecil. Oleh sebab itu, obeng yang dipersiapkan satu set obeng mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Dan obeng dalam bentuk pipih (-) dan bentuk kembang (+). Perhatikan gambar obeng set berikut!
image



G. SEPERANGKAT KUNCI PAS
Mesin pendingin menggunakan bermacam-macam. Untuk melepaskan dan memasangnya, mungkin tidak cocok dengan menggunakan obeng. Untuk kita kita membutuhkan kunci pas. Oleh karena itu, seperangkat alat kunci-kunci pas segala ukuran harus disiapkan pula.
CERMIN GIGI (DENTAL MIROR)
Cermin gigi berfungsi untuk memeriksa bagian-bagian pipa, bagian dalam yang dicurigai terdapat kebocoran. Apabila sudah dipastikan ada kebocoran, maka pada bagian itu harus segera ditandai, agar memudahkan dalam mencari dan menyoldernya. Jika tidak ditandai dikhawatirkan akan tidak diketemukan lagi. Dengan demikian akan menambah pekerjaan lagi. Dental miror biasanya dilengkapi dengan lampu baterai. Ini akan membantu memudahkan dalam mencari bagian-bagian pipa yang bocor dalam gelap.
POMPA VACUM
Pompavacum dipasang pada pipa agar di dalam pipa mesin pendingin menjadi vacum. Hal ini dilakukan sebelum mesin pendingin diisi gas freon (bahan pendingin).Pompa vacum yang bertipe kecil berupa kompresor hermatic, sedangkan yang besar memakai dinamo yang terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...