Pada
umumnya gangguan pada kulkas dan freezer terjadi disebabkan oleh
kebocoran pada bagian pipa-pipanya, terlalu berlebihan dalam
pengisiannya gas freon, konsleting pada kumparan motornya, dan
kekurangan dalam pengisian gas freon, dan kebocoran kompresor.
Gangguan-gangguan itu sering muncul pada kasus selama ini.
A. MESIN KULKAS TIDAK BEKERJA
Sedangkan
saat socket ditancapkan pada stop kontak PLN mesin kulkas tidak bekerja
sama sekali ini menandakan adaya kerusakan pada mesin kulkas. Motor
tidak terdengar gerakannya, kompresor pun demikian ini. Jika menjumpai
kerusakan-kerusakan yang demikian ini, maka perlu diadakan perkiraan
atau dugaan untuk mengetahui penyebabnya. Umumnya, jika kulkas tidak
bekerja meskipun kabel sudah tersambung ke stop kontak mungkin disebabkan oleh hal-hal berikut.
a. starting pada kapasitorterbuka
b. overload terbuka
c. kontak pada relay terus terbuka
d. ada kabel socket yang putus
e. open sircuitnya pada strating wing tidak berkerja sama
sekali.
Apabila diduga ada kabel saluran menuju stop kontak yang terputus maka langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.
a. Memeriksa sambungan kabel dalam socket. Biasanya gangguan ada di daerah ini dengan terputusnya kabel.
b. Memeriksa seluruh permukaan kabel mulai dari jack sampai ke mesin pendingin.
c. Memeriksa pula saluran yang menuju atau yang menempel pada dinamo. Mungkin pada tap-tapnya terlepas.
Apabila
diduga gangguan pada overload, biasanya tegangan menjadi turun bahkan
lenyap sama sekali. Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain.
a. Memeriksa sumbertegangan.
b. Mengukur dengan menggunakan multitester untuk mengetahui tegangan yang masuk apakah sesuai dengan kebutuhan mesin pendingin.
c. Mencari lokasi yang menyebabkan tegangan arus listrik menjadi menurun.
Kulkas
tidak bekerja disebabkan pula karena starting kapasitor terbuka. Untuk
melihat ini perlu memeriksa kapasitornya. Jika ternyata sudah aus,
maka harus diganti dengan yang baru. Jika putus, cukup disolder. Selain
itu, mungkin relay kontak terus membuka sehingga arus listrik tidak
bisa mengalir. Ini dapat mengakibatkan dinamo tidak mendapatkan tenaga
dan tetap mati. Langkah-langkah yang perlu dilakukan saeperti berikut.
a. Memeriksa kabel-kabel pada relay yang bersangkutan.
b. Memeriksa plat-plat apakah masih berfungsi.
c. Memeriksa sistem pengaturan, apakah normal.
Apabila
mesin pendingin atau kulkastidakjalan mungkin juga sircuit pada
startingnya mengalami gangguan, tindakan yang harus dilakukan
pemeriksaan bagian ini untuk memastikan dugaan. Jika memang terdapat
gangguan perlu dilakukan perbaikandengan cara pengaturan yang disesuikan
dengan petunjuk.
Gangguan
lain pada mesin pendingin dapat berupasuara berisik. Apabila dijumpai
kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknyajangan dibiarkan. Kalau
dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan akan mempengaruhi unit
lainnyasehingga timbul kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa.
Kemungkinan-kemungkinan suara berisik pada mesin pendingin disebabkan
oleh hal-hal berikut.
• pipa yang berhimpitan dengan cabinet,
• sekrup atau baut yang kurang keras atau terlepas,
• kerusakan pada fan, dan
B. kerusakan pada kompresor.
Untuk
menemukan penyebab suara berisik, langkah pertama dapat dilakukan
pemeriksaan pertama sistem pipa mesin pendingin. Mungkin adanya
pipa-pipa yang berhubungan satu sama lain diatur secara normal, sesuai
dengan petunjuk yang berlaku (ukuran standard). Jika pipa menempel
padakabinet, hendaknyadijauhkan. Pemeriksaan dapat dilanjutkan dengan
mencermati seluruh rangkaianyang terpasang dengan baut atau sekrup.
Mungkin ada sekrup yang terlepas atau kurang keras sehingga menimbulkan
suara berisik. Jika sekrup yang terlepas, maka pasang kembali, Jika ada
sekrup yang kurang kencang, hendaknya dipastikan kalau pemasangan semua
baut dan sekrup cukup sempurna.
•
Mengamati pipa kompresi. Pada kompresor yang mas baik, saat ibu jari
yang menutup pipa kompre dilepaskan, terdapat letupan (tekanan) yang
cuku kencang. Cara ini juga bisa dilakukan pada bagia pipa isap atau
pengisian (dua pipa yang lebih besj dibandingkan pipa kompresi).
Bedanya, ketika dua pip tersebut ditutup, tidak ada embusan udara
samaseka dari pipa kompresi.
•
Jika hembusan lemah dari pipa kompresi (buka-tutu pipa kompresi dengan
ibu jari), dipastikan kondisi kle isap atau kompresi ataupun keduanya
sudah rusal* Untuk mengganti klep, kompresor harus dibelah ata dibuka
terlebih dahulu dengan menggunakan garga besi. Setelah klep terpasang,
belahan kompreso disatukan kembali dengan pengelasan listrik. Periks;
kembali dan pastikan tidak ada kebocoron pad; pengelasan kompresor.
Selanjutnya, nyalakai kompresor dan lakukan pengetesan tekanan dar
isapan dengan membuka-tutup pipa tekan atau isar. menggunakan ibu jari.
Membongkarmesin kompreso terlalu berisiko menyebabkan kompresor bocor,
bod) contact, bahkan tidak dapat digunakan lagi. Selain itu penggantian
klep kompresi dan isap tidak menjamir kompresor bertahan lama. Oleh sebab itu, agar sisterr bekerja maksimal, sebaiknya kompresor digant dengan yang baru.
Jenis
kerusakan lainnya sering kita jumpai adanya gangguan pada kompresor,
yaitu tidak bisa distart dan seringkali terdengar suara mendengung.
Kerusakan ini mungkin disebabkan oleh perawatan dan pemakaian yang
salah, penurunan arustegangan listrik yang masuk ke mesin motor
(dinamo), kapasitor starting yang terbuka, relay kontak yang terus
terbuka, open sircuit pada starting winding,
dan kumparan (spoel) korsleting dengan body, tekanan kompresor yang
baik melebihi batas, kompresor yang macet, dan kerusakan pada kapasitor
starting. Untuk mengatasi kerusakan ini antara lain perlu dilakukan
pemeriksaanyang telititerhadap sistim kelistrikan dan alat-alat yang
berkaitan tersebut.
RELAY TERBAKAR
Jika
bagian relay yang terbakar, maka mesin dinamo dan kompresor sama sekali
tidak berfungsi, atau bahkan sebaliknya bekerja trus-menerus tanpa
berhenti secara otomatis. Hal ini karena relay berfungsi untuk
memutuskan arus yang masuk secara otomatis bila motor sudah berputar
sekian detik atau menit. Relaynya yang terbakar kemungkinan disebabkan
oleh adanya:
• arus tegangan yang rendah,
• arus tegangan yang melebihi batas,
• running capasitor yang tidak sesuai,
• start cycling,
• relay yang terus bergetar, dan
• relay yang tidak cocok dengan spoel running.
Tegangan
rendah akan mengakibatkan relay terbakar. Tegangan yang kurang dari 10
persen dari kebutuhan dinamo listrik, mengakibatkan dinamo bergerak
lamban dan relay tidak bisa memutus. Relay terus-menerus terkena arus
yang akhirnya terjadi kebakaran pada bagian ini. Langkah-langkah yang
harus dilakukan adalah sebagai berikut.
• Mengukur arus tegangan dengan menggunakan multitester (pada voltmeter/AVC).
• Menaikkan tegangan, jika kurang dari sepuluh persen.
Sebaliknya,
tegangan tinggi atau arus yang mengalir sangat kuatdan berlebih-lebihan
menyebabkan relay terbakar. Arus yang berlebihan menyebabkan beban yang
sangat berat
pada
rangkaian re/ayyang akhirnya terjadilah kerusakan. Bila yang dicurigai
karena tegangan berlebihan, maka langkah-langkah yang harus dilakukan
sebagai berikut:
•
Pengetesan atau pengukuran menggunakan multitester untuk memastikan
apakah tegangan benar-benar melebihi batas atau tidak (gunakan AVC).
• Jika memang benar ada tegangan yang tinggi melebihi kebutuhan (ratting dinamo) maka harus diturunkan.
• Ganti relay dengan yang baru.
Relay
yang terbakar bisa juga disebabkan karena running capasitor\'\6a.k
sesuai dan tidak cocok sehingga cara kerjanya tidak normal.
Langkah-langkah yang harus dilakukan ialah:
• Cocokkanlah running capasitor sesuai petunjuk atau pedoman.
• Bila memang kenyataannya tidak cocok sebaiknya diganti dengan running capasitor baru yang cocok.
Keadaan
yang terlalu sering start pada dinamo menyebabkan relay menjadi
terbakar. Hal ini karena relay tidak tahan dengan keadaan yang demikian
itu. Cobalah melakukan tindakan sebagai berikut:
• Periksalah relay tersebut apakah sjdah sesuai.
• Jika tidak cocok dan tidak sesuai sebaiknya diganti dengan yang baru.
• Periksa pula starting kapasitornya.
Relay
yang bergetar akan menyebabkan hubungan pendek dan relay terbakar.
Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
• Sebelum memasang relay hendaknya dipasang dulu baut-baut dan mur pengikat serta plat-platnya.
• Kencangkan atau keraskan dulu sebelum dipasang.
•
Pemasangan pada rangkaian lain hendaknya dipastikan secara tepat dan
keraskan baut-baut yang berfungsi menempelkan re/aytersebut.
The 5 best slots, casino, hotels, casinos & more - jtmhub.com
BalasHapus› store › slot-chars › store › slot-chars Sep 7, 동해 출장샵 2021 — 남원 출장안마 Sep 7, 2021 The 5 best slots, casino, hotels, casinos 의왕 출장안마 & more. The 5 대전광역 출장샵 best slots, casino, hotels, casinos & more. The 5 best slots, casino, hotels, casinos & more. 광주 출장안마