Jumat, 16 Mei 2014

Komponen Mesin Pendingin Kulkas ke 6(Bimetal Kulkas)

Pada mesin pendingin, pada umumnya dilengkap dengan pengontrol listrik otomatis. Pengontrol otomatis ini berfungsi sebagai pengaman untuk menghindari adanya kerusakan akibat gerakan dinamo dan kompresor yang terus-menerus melakukan penekanan. Jikatidakdilengkapi dengan alat ini, mesin pendingin akan bekerja terus walaupun tekanan
atau suhu di dalam pipa mengalami temperatur suhu yang maksimal. Bimetal ialah suatu alat kontrol listrikyang berfungsi untuk melindungi dan mengamankan dinamo (motor listrik) dari tegangan listrik. Bimetal bekerja apabila ada tegangan yang naik terlalu tinggi. Pada saat itu bimetal segera memutuskan hubungan sehingga motor listrik (dinamo) tidak terkena aliran yang tinggi. Jika aliran tegangan tinggi masuk ke kumparan (spoel) tanpa bimetal terjadilah arus yang mengakibatkankumparan terbakar.
Bimetal terbuat bahan logam yang tidak tahan temperatur yang tinggi (panas). Bimetal dibuat berupa plat berlapis dua. Jika terkena panas maka plat itu akan melengkung. Plat yang satu dengan yang lainnya (yang digabungkan menjadi satu) mempunyai daya muai yang berbeda sehingga peristiwa melengkungnya dapat diatur. Alat pengaman ini dipasang dekat dengan socket yang menuju ke stopkontak. Plat bimetal dihubungkan elemen panas melalui kawat nikelin (kawat yang diisolasi). Selanjutnya, dari elemen panas disambungkan ke salah satu kabel socket ke stopkontak.
Cara kerja pengaman bimetal ini sebagai berikut. Jika tegangan arus listrik dari sumber mendadak naik, maka elemen panas akan bereaksi. Selanjutnya, panas mengalir ke plat bimetal melalui kawat nikelin sebagai penghubung. Akibatnya, plat bimetal memuai dan menjadi melengkung. Dengan melengkungnya bimetal, kontak dengan kutub lain akan membuka. Akibatnya, tegangan menjadi putus (tidak ada arus listrik). Dinamo tidak bekerja. Jika tegangan listrik dari sumber wajar (tidak tinggi), maka elemen panas bekerja biasa, mengalirkan listrik. Plat bimetal tetap lurus dan terjadi hubungan (kontak) antara kutub yang satu dengan yang lain. Di sini dinamo mendapatkan tenaga dari arus listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...